Kamis, 13 November 2014

MENGENAL LEBIH DEKAT dg TANAH LIAT



Tanah liat dihasilkan oleh alam, yang bersal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar  tersusun oleh batuan feldspatik, terdiri dari batuan granit dan batuan beku. Kerak bumi terdiri dari unsur unsur seperti silikon, oksigen, dan aluminium. Aktivitas panas bumi membuat pelapukan batuan silika oleh asam karbonat. kemudian membentuk terjadinya tanah liat.
Tanah Liat atau tanah lempung memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1.      Tanahnya sulit menyerap air sehingga tidak cocok untuk dijadikan lahan pertanian.
2.      Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya.
3.      Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus.
4.      Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu di atas 10000C.
Jenis jenis tanah liat :
tanah liat di bagi dalam dua jenis, primer dan skunder
1. tanah liat Primer
Yang disebut tanah liat primer (residu) adalah jenis tanah liat yang dihasilkan dari pelapukan batuan feldspatik oleh tenaga endogen yang tidak berpindah dari batuan induk (batuan asalnya), karena tanah liat tidak berpindah tempat sehingga sifatnya lebih murni dibandingkan dengan tanah liat sekunder. Selain tenaga air, tenaga uap panas yang keluar dari dalam bumi mempunyai andil dalam pembentukan tanah liat primer. Karena tidak terbawa arus air dan tidak tercampur dengan bahan organik seperti humus, ranting, atau daun busuk dan sebagainya, maka tanah liat berwarna putih atau putih kusam. Suhu matang berkisar antara 13000C–1400 0C, bahkan ada yang mencapai 17500C. Yang termasuk tanah liat primer antara lain: kaolin, bentonite, feldspatik, kwarsa dan dolomite, biasanya terdapat di tempat-tempat yang lebih tinggi daripada letak tanah sekunder. Pada umumnya batuan keras basalt dan andesit akan memberikan lempung merah sedangkan granit akan memberikan lempung putih. Mineral kwarsa dan alumina dapat digolongkan sebagai jenis tanah liat primer karena merupakan hasil samping pelapukan batuan feldspatik yang menghasilkan tanah liat kaolinit.
Tanah liat primer memiliki ciri-ciri:
  • warna putih sampai putih kusam
  • cenderung berbutir kasar,
  • tidak plastis,
  • daya lebur tinggi,
  • daya susut kecil
  • bersifat tahan api
Dalam keadaan kering, tanah liat primer sangat rapuh sehingga mudah ditumbuk menjadi tepung. Hal ini disebabkan partikelnya yang terbentuk tidak simetris dan bersudut-sudut tidak seperti partikel tanah liat sekunder yang berupa lempengan sejajar. Secara sederhana dapat dijelaskan melalui gambar penampang irisan partikel kwarsa yang telah dibesarkan beberapa ribu kali. Dalam gambar di bawah ini tampak kedua partikel dilapisi lapisan air (water film), tetapi karena bentuknya tidak datar/asimetris, lapisan air tidak saling bersambungan, akibatnya partikel-partikel tidak saling menggelincir.
2. Tanah liat Sekunder
Tanah liat sekunder atau sedimen (endapan) adalah jenis tanah liat hasil pelapukan batuan feldspatik yang berpindah jauh dari batuan induknya karena tenaga eksogen yang menyebabkan butiran-butiran tanah liat lepas dan mengendap pada daerah rendah seperti lembah sungai, tanah rawa, tanah marine, tanah danau. Dalam perjalanan karena air dan angin, tanah liat bercampur dengan bahan-bahan organik maupun anorganik sehingga merubah sifat-sifat kimia maupun fisika tanah liat menjadi partikel-partikel yang menghasilkan tanah liat sekunder yang lebih dan lebih plastis. Jumlah tanah liat sekunder lebih lebih banyak dari tanah liat primer. Transportasi air mempunyai pengaruh khusus pada tanah liat, salah satunya ialah gerakan arus air cenderung menggerus mineral tanah liat menjadi partikel-partikel yang semakin mengecil. Pada saat kecepatan arus melambat, partikel yang lebih berat akan mengendap dan meninggalkan partikel yang halus dalam larutan. Pada saat arus tenang, seperti di danau atau di laut, partikel – partikel yang halus akan mengendap di dasarnya. Tanah liat yang dipindahkan bisaanya terbentuk dari beberapa macam jenis tanah liat dan berasal dari beberapa sumber. Dalam setiap sungai, endapan tanah liat dari beberapa situs cenderung bercampur bersama. Kehadiran berbagai oksida logam seperti besi, nikel, titan, mangan dan sebagainya, dari sudut ilmu keramik dianggap sebagai bahan pengotor. Bahan organik seperti humus dan daun busuk juga merupakan bahan pengotor tanah liat.
Karena pembentukannya melalui proses panjang dan bercampur dengan bahan pengotor, maka tanah liat mempunyai sifat: berbutir halus, berwarna krem/abu-abu/coklat/merah jambu/kuning, suhu matang antara 9000C-14000C. Pada umumnya tanah liat sekunder lebih plastis dan mempunyai daya susut yang lebih besar daripada tanah liat primer.
Semakin tinggi suhu bakarnya semakin keras dan semakin kecil porositasnya, sehingga benda keramik menjadi kedap air. Dibanding dengan tanah liat primer, tanah liat sekunder mempunyai ciri tidak murni, warna lebih gelap, berbutir lebih halus dan mempunyai titik lebur yang relatif lebih rendah. Setelah dibakar tanah liat sekunder biasanya berwarna krem, abu-abu muda sampai coklat muda ke tua.
Tanah liat sekunder memiliki ciri-ciri:
  • Kurang murni.
  • Cenderung berbutir halus.
  • Plastis.
  • Warna krem/abu-abu/coklat/merah jambu/kuning, kuning muda, kuning kecoklatan, kemerahan, kehitaman.
  • Daya susut tinggi.
  • Suhu bakar 12000C–13000C, ada yang sampai 14000C (fireclay, stoneware, ballclay).
  • Suhu bakar rendah 9000C–11800C, ada yang sampai 12000C (earthenware).
Warna tanah tanah alami terjadi karena adanya unsur oksida besi dan unsur organis, yang biasanya akan berwama bakar kuning kecoklatan, coklat, merah, wama karat, atau coklat tua, tergantung dan jumlah oksida besi dan kotoran-kotoran yang terkandung. Biasanya kandungan oksida besi sekitar 2%-5%, dengan adanya unsur tersebut tanah cenderung berwarna Iebih gelap, biasanya matang pada suhu yang lebih rendah, kebalikannya adalah tanah berwama lebih terang atau pun putih akan matang pada suhu yang lebih tinggi.
Menurut titik leburnya, tanah liat sekunder dapat dibagi menjadi lima kelompok besar, yaitu:
1. Tanah Liat Tahan Api (Fireclay).
Kebanyakan tanah liat tahan api berwarna terang (putih) ke abu-abu gelap menuju ke hitam dan ditemukan di alam dalam bentuk bongkahan padat, beberapa diantaranya berkadar alumina tinggi dan berkadar alkali rendah. Titik leburnya mencapai suhu ±  1500 ºC. Yang tergolong tanah liat tahan api ialah tanah liat yang tahan dibakar pada suhu tinggi tanpa mengubah bentuk, misalnya kaolin dan mineral tahan api seperti alumina dan silika. Bahan ini sering digunakan untuk bahan campuran pembuatan massa badan siap pakai, untuk produk stoneware maupun porselin.
Karena beberapa sifatnya yang menguntungkan, antara lain berwarna putih, mempunyai daya lentur dan sebagainya, maka Kaolin juga dipakai sebagai bahan pengisi untuk produk kertas dan kosmetik.
2. Tanah Liat Stoneware.
Tanah liat stoneware ialah tanah liat yang dalam pembakaran gerabah (earthenware) tanpa diserta perubahan bentuk. Titik lebur tanah liat stoneware bisa mencapai suhu 1400 ºC. Bisaanya berwarna abu-abu, plastis, mempunyai sifat tahan api dan ukuran butir tidak terlalu halus. Jumlah deposit di alam tidak sebanyak deposit kaolin atau mineral tahan api. Tanah liat stoneware dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan benda keramik alat rumah tangga tanpa atau  menggunakan campuran bahan lain. Setelah suhu pembakaran mencapai ± 1250 ºC, sifat fisikanya berubah menjadi keras seperti batu, padat, kedap air dan bila diketuk bersuara nyaring.
                                                                                                                                                                                                                                             3. Ballclay.
1.      Disebut juga sebagai tanah liat sendimen. Ball Clay berbutir halus, mempunyai tingkat plastisitas sangat tinggi, daya susutnya besar dan bisaanya berwarna abu-abu. Tanah liat ini mempunyai titik lebur antara 1250 ºC s/d 1350 ºC. Karena sangat plastis, ball clay hanya dapat dipakai .
2.       Tanah Liat Earthenware.
Bahan ini sangat banyak terdapat di alam. Tanah liat ini memiliki tingkat plastisitas yang cukup, sehingga mudah dibentuk, warna bakar merah coklat dan titik leburnya sekitar 1100 ºC s/d 1200 ºC. tanah liat merah banyak digunakan di industri genteng dan gerabah kasar dan halus. Warna alaminya tidak merah terang tetapi merah karat, karena kandungan besinya mencapai 8%. Bila diglasir warnanya akan lebih kaya, khususnya dengan menggunakan glasir timbal.
3.      Tanah Liat Lainnya. Yang termasuk kelompok ini adalah jenis tanah liat monmorilinit.
contohnya bentonit yang sangat halus dan rekat sekali. Tanah liat ini hanya  digunakan sebagai bahan campuran massa badan kaolinit dalam jumlah yang relatif kecil



A.Produk Kerajinan dari Bahan Alam
Pembuatan produk kerajinan di setiap wilayah tentunya berbeda
dengan wilayah lainnya. Setiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal
yang menjadi unggulan daerah. Hal ini karena sumber daya alam
setiap daerah berbeda. Misalnya, Plered (Jawa Barat), sumber daya
alam yang banyak tersedia tanah liat, kerajinan yang berkembang
adalah kerajinan keramik. Palu (Sulawesi Tengah), sumber daya
alamnya banyak menghasilkan tanaman kayu hitam, kerajinan
yang berkembang berupa bentuk kerajinan kayu hitam. Kapuas
(Kalimantan Tengah), sumber daya alamnya banyak menghasilkan
rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan yang berkembang adalah
anyaman rotan dan getah nyatu.
Beberapa kerajinan bahan alam akan diuraikan secara singkat
pada penjelasan berikut. Namun, kerajinan bahan alam ini merupakan
contoh saja, kamu dapat mempelajarinya sebagai pengetahuan.
Mari kita pelajari bersama!

1. Mengenal Kerajinan dari Bahan Alam
a. Tanah Liat
b. Serat Alam
c. Kayu
d. Bambu
e. Kulit
f. Logam
g. Batu

a. Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat biasa dikenal orang
dengan kerajinan keramik. Asal kata keramik adalah keramos (bahasa
Yunani) yang artinya benda pecah belah yang terbentuk dari tanah
liat dan telah mengalami proses pembakaran. Dalam pembuatan
keramik, tanah liat memiliki sifat plastis sehingga mudah dibentuk.
Setelah itu, dapat dibakar dalam tingkat pembakaran suhu 600o
C sampai 1.300o C sesuai jenis tanah liatnya sehingga tanah liat
menjadi keras, padat, dan kedap air.
Indonesia memiliki kerajinan keramik dari berbagai daerah yang
berciri khas. Setiap daerah mempunyai keunikan dari bentuk, teknik
hingga ragam hias yang ditampilkan. Kekayaan hayati di Indonesia
telah menginspirasi keindahan dan keunikan bentuk kerajinan
keramik menjadi keramik Indonesia yang kental akan corak budaya
yang membedakannya dengan keramik China, Jepang atau Eropa        Indonesia memiliki sumber daya alam berupa hutan yang tersebar
di seluruh Nusantara. Selama ini hasil hutan nonkayu yang berasal dari
tanaman yang dapat diperbaharui, belum sepenuhnya mendapatkan
perhatian dari pemerintah. Padahal tanaman nonkayu memberikan
kontribusi ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang signifikan.
Pernahkah kamu melihat eceng gondok yang biasa tumbuh di
air? Enceng gondok tentu menjadi tanaman pengganggu bagi orang
awam. Tetapi, bagi warga daerah tertentu seperti di Kulon Progo,
enceng gondok menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Daerah ini menjadi sentra kerajinan tangan dari enceng gondok.
Selain eceng gondok, masih banyak lagi produk kerajinan dari
bahan serat alam, melihat makin variatifnya keinginan dan kebutuhan
masIndonesia memiliki hutan tropis yang banyak menyimpan kekayaan
alam kayu terbesar di dunia. Kayu-kayu yang dihasilkan pun banyak
macamnya. Di antaranya: kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus,
kayu sawo, kayu nangka, kayu kelapa, dan sebagainya. Produk
kerajinan yang dihasilkan dari kayu juga bervariasi, mengikuti teknik
pembuatan dan tekstur kayunya.
Kerajinan ukir dari beberapa daerah di Indonesia sudah dikenal
di mancanegara sejak zaman dahulu. Setiap daerah memiliki
motif atau corak ukir yang berbeda. Setiap motif mempunyai
nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh
perlambangan dan juga nasihat. Beberapa daerah yang dikenal
ukiran atau pahatannya adalah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Bali,
Toraja, Palembang, Kalimantan, dan masih ada daerah lainnya. Kita
perlu mengenal dan melestarikan motif ukir Nusantara. Kekayaan
kreasi bangsa Indonesia perlu kita syukuri sebagai kekayaan budaya
yang tak dapat hilang oleh waktu.
Kayu-kayu yang tergolong keras dapat dibuat karya kerajinan
dengan teknik ukir atau pahat, selain itu juga dapat dengan teknik
tempel atau sambung, baik dengan perekat maupun dengan paku.
Proses mengukir dan memahat diawali dengan membuat sketsa
di atas kayu, lalu kayu dipahat dengan menggunakan alat pahat
dan pemukul.yarakat saat ini. d. Bambu
Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai
estetis dan ekonomi tinggi. Sejak ratusan tahun lalu, orang
Indonesia telah menggunakan bambu untuk berbagai kebutuhan,
mulai dari yang paling sederhana seperti tempat jemuran hingga
tikar dan anyaman yang rumit. Sampai saat ini, bambu masih
digunakan untuk keperluan tersebut. Bahkan saat ini, produk
kerajinan bambu tampil dengan desain lebih menarik dan artistik
hingga kini banyak digunakan di hotel-hotel berbintang, cottages,
spa, butik, bank, toko serta interior bangunan modern.
Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan bahan alam dari
bambu adalah teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung.
Anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan
berbagai motif dan bentuk yang e. Kulit
Zaman dahulu telah dikenal kerajinan berbahan dasar kulit sebagai
wayang. Tahukah kamu kerajinan wayang? Dalam pengertiannya
wayang berarti bayangan. Wayang kulit merupakan warisan budaya
dari nenek moyang kita. Oleh sebab itu, UNESCO telah menetapkan
anugerah warisan bangsa terhadap wayang kulit Indonesia. Kamu
perlu mengenal dan melestarikannya, agar tidak punah, baik dalam
pembuatan produk wayang kulit ataupun belajar memainkan wayang
kulit. Selain untuk wayang, dalam perkembangannya bahan dasar
kulit banyak juga dihasilkan untuk produk lain. Ini merupakan hal
yang menarik untuk kamu cari tahu.
Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau,
buaya, dan hewan lainnya dapat dijadikan sebagai bahan dasar
kerajinan. Proses pembuatan bahan baku kulit cukup sederhana. Kulit
hewan potong dicuci bersih terlebih dahulu, direntangkan, lalu dijemur
langsung dengan sinar matahari hingga kering. Sesudah kering, kulit
digosok untuk menghilangkan bulu dan kotoran dengan menggunakan
kapak kecil. Kemudian kulit dicuci bersih dan dijemur kembali. Setelah
itu, kulit baru dapat dipergunakan. Jenis proses seperti ini dinamakan
proses kulit mentah yang biasanya dipergunakan untuk pembuatan
wayang kulit. Namun, ada lagi proses kulit yang disamak yang dapat
dijadikan benda kerajinan seperti tas, sepatu, dTeknik yang digunakan dalam membuat motif pada kerajinan wayang
kulit adalah teknik pahat dan sungging. Namun, dikenal pula teknik
lain untuk pembuatan kerajinan kulit seperti teknik rekat, jahit, tekan
(press), dan teknik pahat.ompet, dan sebagainya.
menarik. f. Logam
Sebagai pengetahuan, kamu perlu mengetahui bahwa bahan
alam yang termasuk dalam kategori logam juga banyak macamnya,
seperti: emas, perak, perunggu, aluminium, besi, dan kuningan.
Daerah penghasil kerajinan emas terdapat di Kalimantan Selatan
maupun Jawa. Kerajinan perak terdapat di daerah Yogyakarta,
Sumatera Barat, dan Bali. Untuk mengetahui daerah asal penghasil
jenis logam lainnya, gunakan rasa keingintahuanmu untuk dapat
memperoleh informasi dari berbagai sumber.
Bahan alam logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau
aksesoris kemudian berkembang pula sebagai benda hias dan
fungsional lainnya, seperti: gelas, teko, nampan, wadah serbaguna
bahkan sampai piala sebagai simbol kejuaraan. Logam memiliki
sifat keras, sehingga dalam pengolahannya memerlukan teknik
yang tidak mudah, seperti diolah dengan teknik bakar/pemanasan
dan tempa.     g. Batu
Bumi Indonesia terhampar luas ragam bebatuan yang berkilau
dan beraneka warna. Turis mancanegara kagum dengan warna
warni bebatuan Indonesia. Daerah Kalimantan merupakan penghasil
batu warna yang dinilai sangat unik. Banyak daerah di Indonesia
menjadikan bebatuan warna sebagai produk kerajinan seperti:
aksesoris pelengkap busana, juga sebagai penghias benda. Teknik
pengolahan batu warna sebagai produk kerajinan harus digerinda
dahulu baru kemudian dironce. Untuk interior dan eksterior, digunakan
teknik pahat dan ukir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar