Kamis, 23 Oktober 2014

CONTOH CERPEN PERSAHABATAN

CINTA DI LANGIT MALAM

Sinar matahari yang begitu terik menembus kaca jendela kamar citra, gadis cantik yang cukup populer di SMA 45 pelita jaya bandung. Citra segera bangun dan lekas mandi, usai itu citra pun bersiap untuk berangkat sekolah.
Sekitar jam 06.45 citra sudah sampai di sekolah, saat menuju ke kelas tampak seseorang memanggilnya.
“Hy cit, tungguin aku donk.”. sambut kiran..
“Hy kiran, (berhenti sejenak menunggu kiran berjalan sejajar dengannya) apa kabar kamu hari ini..? ohh iya, rendy mana..? kok dia gak bareng sama kamu sihh..? tumben banget”. tanya citra.
“Aku baik kok, oh rendy, dia lagi ada urusan katanya jadi gak bareng ke sekolahnya”. jawab kiran.
“Ohh gitu, hmm ya udah deh kita ke kelas sekarang”. mereka pun berjalan menuju kelas.
Kiran adalah sahabat citra, mereka sudah seperii saudara. Sedangkan rendy adalah pacar kiran dan sekaligus merupakan orang yang citra suka, tapi selama ini citra selalu bersikap biasa terhadap rendy, dia tidak ingin menyakiti sahabatnya hanya karena perasaan cinta yang ada dalam hatinya. Citra memang populer dan cantik di sekolahnya, tapi dia tidak sembarang memilih lelaki untuk menjadi teman dekatnya.
Suatu hari citra jalan-jalan ke taman yang tidak jauh dari rumahnya, sebenarnya citra mengajak kiran, tapi sayang kiran tidak bisa ikut karena ada keperluan lain.
Menikmati udara yang yang sejuk penuh damai citra duduk di bawah pohon sambil membaca buku. tiba-tiba saja rendy datang dan langsung duduk di dekat citra.
“hey cit, ngapain kamu disini..?” sapa rendy
“Rendy, hey.. hmm aku lagi bosan aja di rumah, jadi aku jalan-jalan deh.. kamu sendiri ngapain disini..?” tanya citra kembali.
“ohh, aku lagi iseng aja kesini, eh ketemu kamuu..” jawab rendy.
“ohh, hehehe. Oh iya kiran mana..?” tanya citra lagi.
“hmm, aku lagi ada masalah cit sama kiran” jawab rendy lesu.
“hahh.. ada masalah..? masalah apa..? kok kiran gak pernah cerita ke aku..?” jawab citra dengan suara yang lebih kencang.
“iya, aku tuh bingung sama sikap kiran, akhir-akhir ini dia itu over protektif banget ke aku, kadang-kadang aku itu bosan dan gak nyaman diperlakukan kaya gini sama kiran, aku itu capek tau cit” curhat rendy pada citra.
“aduh, gimana yah, aku jadi bingung nih, takut salah ngomong.. intinya kamu coba bicarain ini baik-baik sama kiran, mungkin aja dia punya alasan kenapa dia bersikap kaya gini sama kamu.. kamu tau kan ren kalau kiran itu sayang banget sama kamu..” terang citra.
“hmm iya deh, makasih yah cit atas nasehatnya..” sahut rendy.
“iya sama-sama, nahh gitu donk, jangan galau lagi, kan lebih ganteng kalo senyum” citra keceplosan
“hahhh..? ganteng..? maksud kamu..?” tanya rendy heran.
“hmm, hmm, enggak, hmm maksud aku yah enak aja diliatnya kalo senyum.. hehe aku tadi bercanda kok.. maaf yah..” jawab citra bingung.
“ohh, hehehe..”
Citra hanya tersenyum malu dan bingung atas perkataannya tadi.
“yaa allah, kanapa aku pake keceplosan segala sih, duh gimana nih kalau rendy salah paham dan dia cerita ke kiran, duh bisa-bisa kiran ngamuk lagi. Aduhh citra bodoh banget sih kamuu, kamu itu gak mungkin bisa dapetin rendy, rendy itu pacar kiran sahabat kamu, sadar donk citra, sadar” ketus citra dalam hati
Hari sudah hampir malam, citra pamit untuk pulang pada rendy, kebetulan rendy juga sudah ingin pulang..
Sampai di rumah citra membersihkan badanya dan bersiap untuk sholat magrib, setelah selesai
Dia lalu mengambil buku diarynya.. curhat pada buku diary itu adalah kebiasaan citra setiap malam sebelum dia tertidur.
Dear diary..
Hay malam ini indah banget yah diary, banyak bintang di langit.. diary hari ini tak ada bedanya dengan hari-hari sebelumnya.. hari yang kelam tanpa ada bintang di hati.
Diary.. apa salah semua yang kurasakan selama ini, apa salah jika aku mancintai pacar sahababat ku sendiri.. aku tau rendy itu adalah orang yang sangat dicintai kiran sahabat ku sendiri, tapi aku juga Cuma manusia biasa yang tidak bisa mengendalikan perasaan ku terhadap rendy.. diary, perasaan cinta ini sungguh membunuhku.. membuata ku jadi serba salah, membuat aku jadi rapuh, dan membuat aku menjadi tertekan.. aku mancintai rendy, tapi aku juga tidak ingin menyakiti sahabatku dengan segala perasaan ini.. yaa allah kenapa rasa cinta ini harus datang, kenapa harus aku rasakan ya allah, kenapa harus rendy orang yang kucintai ya allah..? Aku hanya berharap semoga perasaan ini hilang agar aku bisa sedikit lebih tenang…
citra Loveee story.
Keesokan harinya citra tidak pernah lagi melihat kiran jalan berdua bersama rendy.. kiran juga selalu bersikap dingin terhadap pada citra.. citra sendiri bingung dengan perubahan sikap kiran terhadap dirinya..
Saat pulang sekolah citra menemuai rendy di perpustakaan sekolah.
“hey ren, udah lama nunggunya..? maaf yahh.” Sapa citra.
“enggak kok, santai aja. Oh iya, kamu mau ngomong apa sama aku..? tumben banget..” balas rendy penasaran.
“gini loh ren, kamu masih marahan yah sama kiran..? kok kalian gak jalan berdua lagi..? kiran juga sekarang berubah sama aku..? emang ada masalah apa lagi sihh..?” tanya citra serius.
“hmm bukan marahan lagi cit, tapi aku sama kiran itu udah putus..” jawab rendy lemas.
“hahhh? Putus…? kok bisa sih rendy..? kiran salah apa sama kamu..?” tanya citra lagi.
“aku itu udah gak tahan sama sikap kiran, aku gak suka diatur-atur, lagian aku itu udah jatuh cinta cinta sama cewek lain yang selalu ngertiin aku..” jelas rendy.
“hahh..? cewek lain..? siapa ren..?” tanya citra penasaran.
“kamuuu…” jawab rendy spontan.
“haaah.. a, aa, akuu..? tapi aku.. hmm..” citra bingung.
Ternyata kiran mendengar semua pembicaraan rendy dan citra.. kiran sangat kecewa.
“oh itu alasannya kamu mau putus dari aku ren..? aku itu bener-bener gak nyangka sama kamu ren.. dan kamu citra, kamu itu bner-bener munafik banget sih.. kamu tau kan aku itu sayang banget sama rendy.. tapi kenapa kamu tega rebut dia dari aku.. dasar munafik.” Sahut kiran.
“kiran.. (kaget), hm semua ini gak sperti yang kamu pikirin kiran, aku gak rebut rendy dari kamu, aku juga gak tau kenapa rendy bisa ngomong kaya gitu.. dia itu Cuma bercanda kiran” jawab citra mencoba menenangkan kiran.
“aku serius cit, aku serius suka sama kamu, aku gak bercanda.” Ceplos rendy.
“tu kan, kamu denger sendiri kata rendy.. aku kecewa sama kalian.” kiran berlari meninggalkan perpustakaan.
“kiran, tunggu” citra mengambil tasnya dan mengejar kiran.
Tapi sayang kiran sudah pergi duluan meninggalkan citra…
Kali ini hal yang benar-benar citra takutkan terjadi. Kiran jadi salah paham dengan kedekatannya bersama rendy..
Sudah satu minggu lebih citra dan kiran tidak saling bicara, kiran masih kecewa tapi citra juga tidak bisa berbuat banyak.. citra sangat paham apa yang dirasakan kiran sahabatnya. Citra hanya manunggu kiran tenang dan kiran mau mamaafkan dirinya.
Malam ini citra duduk di taman.. citra memandang langit yang penuh bintang.. citra hanya bisa berharap kiran bisa mengerti perasaannya.. suara seorang lelaki memecahkan sepi dikala itu.
“hey citra.. ngapain sendirian disini..?” suara rendy mengagetkan citra.
“rendy.. kamu ngapain disini..? udahlah ren, aku gak mau kiran tambah salah paham sama aku.. menjauh adalah yang terbaik untuk kita saat ini.. aku mohon kamu bisa ngerti.” Jawab citra.
“tapi kenapa kamu gak pernah mau ngerti perasaan aku dan perasaan kamu sendiri..? aku tau kamu sayang sama kiran tapi kamu gak harus selalu mengalah dan mengerti kiran, kamu juga harus mikirin hidup kamu cit, aku tau kok kamu juga suka kan sama aku, iya kan cit..?” jawab rendy.
“hmm, akuuu.. akuuu” citra bingung.
“udahlah kamu gak usah bohong sama aku, aku udah tau semuanya dari buku ini (menunjukkan buku diary citra)” balas rendy.
“inikan buku diary aku..? kamu dapat dimana..?” tanya citra.
“dulu buku ini jatuh saat kamu ngejar kiran dan maaf kalo aku lancang baca isinya.” Jelas rendy.
“hmm sebenarnya aku emang suka sama kamu ren tapi aku gak mau nyakitin kiran, aku gak mau dia sedih gara-gara aku. Aku gak mau egois hanya karena cinta.” Jawab citra.
Tiba-tiba kiran datang. “tapi aku akan lebih marah kalau kamu selalu mentingin aku cit..” sahut kiran.
“kiraannn…” jawab citra dan rendy kaget.
“maaf kalo selama ini aku egois cit, aku sadar cinta itu gak bisa ditebak dan bisa datang kapan dan sama siapa aja.. sekarang akuu rela kok kalau kamu mau pacaran sama rendy.. maafin aku yahh cit.” Jawab kiran.
“aku udah maafin kamu kok, aku sayang sama kamu kiran.. kamu itu sahabat aku yang paling istimewaaa..” balas citra.. (mereka berpelukan).
“makasih yah, sekarang aku pergi dulu. Aku gak mau ganggu kalian. Bye.” jawab kiran.
Citra hanya diam membisu di hadapan rendy. Tiba-tiba terdengar suara kembang api dan citra kaget dan melihat ke atas.. kembang api itu membentuk kata I LOVE CITRA.. KAMU MAU KAN JADI PACAR AKU…
Citra hanya tersenyum bahagia melihat kejutan dari rendy..
“kamu mau kan cit jadii pacar aku..?” tanya rendy.
“hmm…. iya aku mau.. aku juga cinta sama kamu ren.” Jawab citra.
Mereka pun berpelukan
Citra dan rendy pun bahagia memandangi langit malam yang penuh bintang.. bagi merekaa setiap malam yang penuh bintang penuh dengan makna.. karena CINTA ITU ADA PADA LANGIT MALAM…
Cerpen Karangan: Nurul Indah Amelia
Facebook: IndahShee Gadieztmanjaa
haii nama aku nurul indah amelia, tapi sering dipanggil indah. aku bersekolah di SMA negeri 1 wtp sidrap-makassar..
semogaa kalian suka yah dengan cerpen sayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar